Visi dan Misi

LANDASAN FILOSOFIS

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi yang merupakan bagian dari IKIP-PGRI Pontianak yang berstatus Lembaga Pendidikan Tinggi (LPTK) Swasta diselenggarakan bertujuan untuk menjawab kebutuhan pada saat sekarang akan tenaga pendidik profesional dengan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, meningkatkan kinerja pelayanan bagi masyarakat, meningkatkan kinerja keuangan yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan manfaat bagi masyarakat. Landasan filosofis Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi sama dengan Landasan filosofis IKIP-PGRI PONTIANAK dimana dalam menjalankan fungsinya sebagai institusi pendidikan tinggi berasaskan Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi Negara serta berlandaskan pada Undang-Undang Dasar 1945 dan undang-undang atau peraturan yang berlaku. Fungsi dari institusi pendidikan tinggi sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan sebagaimana diamanatkan pada pembukaan UUD 1945, yaitu khususnya “memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”. 


VISI

“Unggul, Berkarakter, Inovatif dan Kompetitif dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Bidang Pendidikan MIPA dan Teknologi Tahun 2025”

MISI

Adapun misi yang diemban oleh Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi adalah sebagai berikut :
1.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan calon pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan MIPA dan Teknologi
2.Melaksanakan dan mengembangkan penelitian bidang pendidikan MIPA dan Teknologi yang mutakhir serta berdaya saing global.
3.Melaksanakan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud implementasi keilmuan bidang pendidikan MIPA dan Teknologi.
4.Membina kerjasama dengan berbagai pihak bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


TUJUAN
a. Menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) yang profesional.
b. Menyelenggarakan riset yang bermutu.
c. Menyebarluaskan hasil riset kepada masyarakat.
d. Mengambil peran dalam proses pengembangan keilmuan Matematika, Sains dan Teknologi Informasi.

NILAI DAN SIKAP DASAR
a. Dalam melaksanakan kegiatannya sivitas akademika wajib menjunjung tinggi kaidah akademik dan Ketuhanan.
b. Etika, moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian terbaik.
c. Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis dan efisien.
d. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab.
e. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan global.
f. Aktualisasi nilai-nilai filosofis Pancasila, UUD 1945 serta hakikat penyelenggaraan pendidikan tinggi.
g. Mengacu pada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan otonom melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan                   kesejahteraan dan daya saing bangsa.
h. Motto Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi selaras dengan Motto IKIP-PGRI Pontianak yakni MANTAB (Mandiri, Amanah, Nalar, Tangguh, Adil dan Bermartabat)